CARA KERAMAS RAMBUT YANG BENAR AGAR RAMBUT SEHAT DAN INDAH (ALA JEPANG)


Kenyataannya sekitar 90% orang salah dalam mengkeramas rambut.  Setelah baca artikel ini mungkin teman-teman langsung menyadarinya.  Kami akan memberikan tips bagaimana supaya bisa menghasilkan rambut sehat dan indah bahkan bertahan sampai 10 tahun kemudian dengan hanya melakukan rutinitas keramas, pengeringan dan penyetelan rambut yang benar.  Tips yang akan kami bagikan untuk teman semua tidak hanya berlaku di Jepang.  Tips ini merupakan tips umum yang sangat mendasar yang bisa dipraktekkan oleh siapapun.  

Berikut langkah-langkahnya:
1.      Yang pertama adalah memilih dan memakai shampo yang sesuai dengan kondisi dan jenis rambut.  Perhatikan jenis shamponya apakah diperuntukkan untuk rambut dengan kondisi kulit dan rambut kering, berminyak, atau normal.
2.      Sebelum keramas, sisirlah terlebih dahulu rambutmu untuk meluruhkan sisa-sisa debu atau kotoran yang melekat pada rambut.  Selain itu, menyisir rambut terlebih dahulu bertujuan agar rambut tidak kusut dan terurai lepas. Kalau ada, jenis sisir yang paling bagus dipakai adalah sisir bulu kuda.
3.      Basahilah rambutmu sampai merata dengan air hangat, bukan air panas ya.  Kalau di Jepang sekitar 38-40 derajat Celsius, tapi kalau di Indonesia suhunya bisa lebih rendah yaitu 30-32 derajat Celsius karena suhu di Indonesia, misalnya di Jakarta lebih panas daripada di Jepang.  Biarkan air hangat mengalir sampai ke kulit kepala selama 1 menit supaya pori-pori terbuka untuk mempermudah proses peresapan nutrisi yang sempurna sampai ke kulit rambut dan batang rambut.
4.      Tuangkan shampo secukupnya ke telapak tangan dan jangan kebanyakan. Jangan tuangkan langsung ke rambut atau kulit kepala.  Campurkan air secukupnya pada shampo di telapak tangan kemudian segera usapkan secara merata ke seluruh kulit kepala dan batang rambut.  Tips penting: lakukan pijatan (massage) ke seluruh kulit kepala, dari bagian kepala bawah ke atas, depan belakang dan dengan cara zig-zag dan sedikit cubitan atau remasan, tapi jangan pakai kuku, melainkan ujung jari.  Kalau pakai kuku bisa luka lho, jadinya malah bikin perih dan berketombe.  Posisi saat keramas tidak perlu diambil pusing, apakah keramas sambil berdiri pakai shower, atau menundukkan kepala di wastafel seperti di salon.  Yang penting adalah cara keramasnya.  Kalau rambutmu panjang, ada baiknya rambutmu tetap terurai saat keramas dan jangan kumpulkan di bagian atas.
Ada baiknya keramas dilakukan 2 kali untuk membersihkan rambut secara mendalam tanpa meninggalkan sisa shampo, minyak dan kotoran sedikit pun.  Keramasnya jangan terlalu lama, lakukan sekitar 2 sampai 3 menit untuk keramas pertama dan 2 menit untuk keramas kedua.


5.      Setelah membasuh rambut dengan bersih, peras rambut perlahan untuk mengurangi air dan aplikasikan kondisioner untuk melembutkan dan melembabkan setiap helaian rambut, sehingga rambut menjadi lembut, halus, indah dan bercahaya.  Tips bagus: pada saat memberikan kondisioner pada rambut, lebih bagus lagi menggunakan sisir yang memiliki gigi yang jarang-jarang supaya kondisioner bisa meresap dengan sempurna dan merata pada batang rambut.  Ingat: jangan menaruh kondisioner sampai ke kulit kepala, cukup sampai batang rambut atau amannya bagian tengah batang rambut sampai ke ujung rambut.  Biarkan 1 menit sebelum kemudian dibilas dengan menggunakan air hangat yang mengalir.  Bilaslah rambut sampai benar-benar bersih jangan sampai menyisakan kondisioner, lalu diakhiri dengan air dingin atau suhu normal untuk mengunci pori-pori dan memberikan kilauan pada rambut.


6.      Setelah tahapan keramas selesai, lanjutkan dengan perawatan berikutnya yaitu pemberian tonik dan vitamin rambut atau serum rambut.
7.      Keringkan rambut dengan hair dryer dengan jaraknya dengan kulit kepala 20 cm agar tidak merusak kulit kepala dan batang rambut.  Tips: dalam pemilihan hair dryer pilihlah yang ada pilihan cool (pendinginnya) sehingga habis rambut terkena panas bisa didinginkan sehingga menghindari lepasnya kandungan ion rambut yang bisa membuat rambut rusak.


8.      Cara setting rambut juga sangat penting.
Untuk rambut tipis, bisa dibuat mengembang dengan memindahkan belahan rambut sekitar 1 cm.  Dengan demikian bisa membuat rambut lebih mengembang. Gunakan juga roller untuk mebuat lebih mengembang dan dibentuk dengan cepat menggunakan hair dryer.
Untuk rambut yang tebal cara yang paling praktis dan tepat adalah dengan memakai straight iron atau catokan, tapi bagian bawahnya dimasukkan ke dalam, terakhir diberikan lotion cream rambut untuk memberikan cahaya pada rambut.
9.      Hal penting yang tidak bisa dianggap remeh dalam menghasilkan rambut sehat adalah dengan memenuhi kebutuhan gizi yang bagus untuk memelihara rambut supaya terjaga kesehatannya yaitu dengan mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan berwarna, protein ikan (salmon dan daging ayam), dan susu kedelai.  Berdasarkan penelitian susu kedelai memiliki kemiripan kandungan dengan hormon wanita.
Berbagai masalah rambut seperti rambut rusak kering, berminyak, susah diatur, sebenarnya bisa diatasi hanya dengan melakukan rutinitas di atas.  Kenali jenis rambut dan masalah rambutmu dan temukan solusinya dengan menjalani tips di atas.

Demikian tulisan kami mengenai cara menghasilkan rambut sehat dan indah dengan cara yang benar.  Bagi teman-teman yang memiliki masalah rambut rontok, rapuh, kulit kepala gatal, berminyak dan berketombe, kami merekomendasikan produk hair tonic bernama “Kaminomoto”.  Produk ini asli buatan Jepang, bisa Anda beli di Apotik Guardian, atau membelinya melalui online shop Rakuten yang terpercaya.  Kami sendiri memakai produk ini dan terbukti mampu segera mengurangi dan mengatasi rontok pada rambut kami.    Tonic ini sangat sejuk di kulit kepala, tidak lengket, dan rambut terasa ringan.  Produk ini terbuat dari bahan herbal sehingga sangat aman dipakai.  Selain tonic rambut, produk Kaminomoto juga ada bermacam-macam, seperti: Kaminomoto-Hair Growth Accelerator, Kaminomoto-Medicated Shampoo B&P, Kaminomoto-Hair Growth Trigger, dan Kaminomoto-Medicated Hair Conditioner B&P.

Semoga tulisan ini bermanfaat dan silahkan meninggalkan komentar dan pesan jikalau ada. Jangan lupa untuk follow atau subscribe blog ini untuk selalu mendapatkan update artikel terbaru dari kami. © GAYA HIDUP JEPANG

0 komentar:

Post a Comment