Teh
hijau merupakan minuman sehat yang sudah dikenal oleh banyak orang. Teh hijau dengan kualitas tinggi berasal dari
negara Jepang. Masyarakat Jepang tidak
lepas dari minuman ini sebagai konsumsi sehari-hari. Saat ini teh hijau telah mengembangkan
sayapnya ke seluruh dunia dan sudah mem-booming,
termasuk di negara Amerika, Thailand, dan negara lainnya, termasuk Indonesia. Pengenalan teh melalui upacara minum teh pun
banyak di lakukan dalam rangka pengenalan budaya Jepang.
Ekspor teh
hijau dari Jepang ke seluruh dunia dari tahun 2000 sampai 2014 berdasarkan data
statistik Kementerian Perdagangan Jepang (Zaimusho) naik menjadi 7,8 juta yen (sekitar 780 miliar
rupiah). Angka ini naik 6,5 kali lipat
dalam kurun waktu 15 tahun.
Jenis
teh hijau yang paling diminati adalah “matcha”, yaitu teh hijau berbentuk bubuk
yang sudah ditumbuk sangat halus, seperti tepung. Teh hijau yang masih belum jadi bubuk disebut
“tencha” kalau dicicipi tidak ada rasanya.
Tetapi, apabila teh hijau ini ditumbuk halus menjadi bubuk, rasanya akan
keluar dengan sempurna dan sangat terasa tehnya. Selain disajikan sebagai minuman teh dalam
cangkir, matcha ini bisa juga dijadikan menjadi bahan dasar dalam membuat
berbagai macam olahan makanan maupun minuman, seperti Matcha Cake, Matcha Curry, Matcha
Cream Pasta, Matcha Latte, Matcha Ice Cream, dan lain-lain.
Berdasarkan
data statistik Kementerian Perdagangan Jepang, hasil Impor teh
terbesar di Amerika adalah Cina dengan persentase 70%, sementara itu Jepang
hanya 7%. Kenapa bisa begitu, karena
harga per kilonya berbeda. 1 kg teh dari
Jepang memiliki harga sekitar 22 USD sedangkan teh dari China hanya seharga 3 USD
per kilonya. Di seluruh dunia, 80% pasar
teh dikuasai oleh Cina. Cina memang
terkenal dengan tehnya seperti teh Oolong dan bahkan juga memproduksi dan mengekspor teh hijau. Akan tetapi, di tengah-tengah sengitnya
persaingan pemasaran teh hijau Jepang, ternyata jenis teh hijau matcha tidak
bisa ditandingi oleh Cina. Di sinilah
letak kesempatan Jepang untuk menguasai pasar karena di Cina hampir tidak ada
yang bisa membuatnya. Dengan demikian
kesempatan Jepang sangat luas. Di Jepang
terdapat berbagai jenis produk olahan matcha lebih dari 20 jenis snack matcha di supermarket
“Donkey Hotei”, seperti Kit Kat, snack teh hijau limited edition yang hanya dijual di Jepang sehingga banyak
wisatawan yang membeli Kit Kat Matcha ini sebagai oleh-oleh dari Jepang.
Tahukah
Anda, ternyata negara yang paling memiliki penilaian dan pengakuan terbaik terhadap teh
hijau Jepang adalah Cina yaitu 97%, diikuti Amerika 96%, Italia 93%, dan
Prancis 89% (berdasarkan hasil riset JETRO tahun 2012). Tidak heran orang Cina banyak yang datang ke
Jepang untuk memborong produk Jepang atau made in Japan karena mereka sadar
produk Jepang memiliki kualitas tinggi yang tidak bisa ditandingi oleh negara
mereka. Bisa dikatakan, Cina banyak
memproduksi dan menjual produk berkualitas rendah dengan harga murah yang
sasaran konsumennya adalah negara-negara yang daya belinya masih terhitung rendah, seperti
negara kita Indonesia. Dengan keuntungan
yang mereka peroleh mereka membeli barang-barang berkualitas tinggi dari negara
Jepang untuk konsumsi pribadi. Di sisi
lain, kemajuan ekonomi dan tingginya daya beli orang Cina memberikan efek yang
positif dan sangat menguntungkan bagi Jepang karena produknya laris terjual.
Saat ini
jumlah ekspor daun teh dari Jepang secara menyeluruh hanya 2%, sehingga masih
memungkinkan untuk meningkatkan jumlah eksornya lebih tinggi lagi. Target ekspor teh hijau Jepang dari tahun
2014 sampai tahun 2020 adalah dari 7,8 juta Yen menjadi
15 juta Yen (2 kali lipat).
Adapun
sasaran utama pasar teh hijau Jepang ada 3 yaitu:
1. Timur Tengah termasuk
Indonesia yang masyarakatnya mayoritas muslim di mana secara ajaran agama
dilarang minum alkohol.
2.
Rusia di mana masyarakatnya banyak
sekali yang sangat concern dengan
kesehatan tubuhnya.
3.
Cina karena penilaian dan
pengakuan kualitas teh hijau paling besar adalah dari sana, yaitu 97% atau hampir
100%.
Demikianlah
ulasan kami mengenai teh hijau Jepang, semoga bisa bermanfaat untuk menambah
wawasan kita semua. Silahkan
meninggalkan komentar dan pesan jikalau ada dan jangan lupa untuk follow atau subscribe untuk mendapatkan update artikel dari kami. © GAYA HIDUP JEPANG
0 komentar:
Post a Comment