Teh botol dengan merek Nu green tea merupakan minuman teh hijau atau green tea yang sudah banyak dikenal oleh orang Indonesia, khususnya di Jakarta yang udaranya sangat panas. Jumlah peminat teh ini juga lumayan banyak. Akan tetapi, sebenarnya teh ini bukanlah buatan Jepang atau perusahaan Jepang melainkan buatan lokal. Sebagaimana yang sudah banyak orang ketahui, teh hijau enak dengan kualitas tinggi sebenarnya berasal dari negara Jepang.
Saham
paling besar untuk pasar teh hijau di Indonesia adalah buatan lokal dengan
angka 90 %. Melihat banyaknya peminat Nu
green tea tersebut, maka bagian marketing Asahi Group Holdings sejak tahun 2013 mulai melakukan penelitian
dan akhirnya pada bulan April 2015 berdirilah pabrik bernama Indofood Asahi di
daerah pinggiran Jakarta dengan modal 6,400,000,000 Yen atau setara dengan kurang lebih 640,000,000,000 Rupiah. Pabrik ini menjadi pabrik teh hijau Jepang pertama
di kawasan Asia Tenggara. Melalui pabrik
ini lahirlah suatu produk teh hijau bernama “Ichi Ocha”. Alasan pendiriannya adalah karena Indonesia
memiliki populasi penduduk nomor 4 terbesar di dunia dan jumlah masyarakat
lapisan menengah semakin meningkat sehingga dianggap sebagai market yang sangat
menjanjikan ke depan hari. Kita bisa
menemukan berbagai jenis teh botol, teh kotak, termasuk teh hijau yang terdapat
di warung-warung atau kios-kios yang dikelola secara pribadi. Ternyata warung-warung inilah yang memiliki
peran penting dalam pemasaran minuman
tersebut. 80 persen penjualan datang
dari warung-warung tersebut.
6 bulan
setelah memulai pemasaran teh Ichi Ocha ini memang hasilnya masih jauh dari kata
puas karena masih dikuasai oleh produk buatan lokal. Perbedaannya sangat jauh sekali. Masyarakat telah terlebih dahulu mengetahui
produk Nu green tea ini. Bisa saja
banyak orang yang menduga bahwa teh itu buatan Jepang karena ada tulisan
Jepangnya. Berbagai cara telah dilakukan
untuk mempromosikan teh Ichi Ocha, misalnya pada saat Ramadhan. Pada saat
buka puasa yang pertama dimasukkan ke dalam mulut adalah sesuatu yang manis
seperti sup buah, teh manis, dan lain-lain.
Sebenarnya
yang dinamakan teh hijau itu tidak lah manis, malah rasanya pahit. Akan tetapi, teh Indonesia identik dengan
gula atau rasa manis . Oleh karena itu, produk
Asahi Ichi Ocha ini pun menyesuaikan rasanya dengan selera setempat. Aksi promosi penjualan teh Ichi Ocha tidak
berhenti dilakukan hanya pada saat Ramadan tapi juga pada saat Lebaran. Misalnya di stasiun Gambir yang merupakan
stasiun terbesar di Jakarta dengan jumlah penumpang mudik terbesar. Teh Ichi Ocha ini memiliki rasa manis yang sesuai dengan lidah orang Indonesia, dan tentu saja di bawah pengawasan perusahaan Jepang untuk tetap menjaga kualitas teh yang enak. Akhirnya, produk teh buatan Jepang melalui teh Ichi Ocha ini telah melebarkan sayapnya ke Indonesia yang diharapkan bisa memberikan kepuasan dan kenikmatan tersendiri bagi para konsumennya di Indonesia.
Demikianlah, tulisan kami mengenai salah satu
produk teh hijau yang dikelola oleh perusahaan Jepang, Asahi Group dengan produk bernama “Ichi
Ocha”. Mengenai rasa, silahkan Anda
pilih yang sesuai selera Anda, apakah Anda memilih Nu green tea atau Ichi Ocha.
Silahkan
meninggalkan komentar dan pesan jikalau ada, dan jangan lupa untuk follow atau subscribe blog ini untuk terus mendapatkan informasi terbaru dari kami. © GAYA HIDUP JEPANG
0 komentar:
Post a Comment